Selasa, 17 Januari 2012

Profil Rain

Biografi :

Pribadi
Jeong Ji-Hoon atau lebih dikenal dengan nama Rain adalah artis kelahiran Seoul, Korea Selatan, 25 Juni 1982. Tak ada yang menyangka jika ketika besar, Rain menjadi seorang entertainer yang dikagumi, tak hanya di Korea, namun juga di negara-negara Asia. Ketika kecil, Rain terkenal dengan pribadi yang pemalu dan tertutup. Pun demikian, ia sangat tertarik dengan dunia dance.

Rain yang juga dikenal dengan nama Bi, Pi, Yu dan Vu ini, pertama kali tampil untuk dance saat ada acara show talent saat ia masih duduk di bangku SD. Dua kegiatan ia jalani saat itu, yakni berlatih menari dan sekolah, tapi ternyata nilai akademik tidak begitu bagus. Saat itu, ibunya tengah sakit diabetes, ia harus memutuskan fokus pada dunia dance atau sekolah, karena ia juga harus mengurus adik perempuannya, Jeong Hanna. Akhirnya ia memutuskan untuk lebih konsentrasi pada dunia dance, dengan masuk di Anyang High School of Arts, di sinilah bakat aktingnya pertama kali diasah.

Karir
Karir bernyanyi Rain dimulai ketika ia bergabung dengan boysband Fan Club pada 1998, dan meluncurkan hit single In Search of a Dream. Sayangnya, boysband ini pun bubar. Rain pun lebih memilih bersolo karir. Debut solo pertamanya dimulai pada 2002 lewat album BAD GUY, dengan single andalan, Bad Guy. Di album inilah pertama kali ia mengenalkan nama Rain di media.

Debut albumnya menuai sukses, hingga ia mendapat tawaran dalam serial drama SANG DOO! LET'S GO TO SCHOOL. Sukses menjadi penyanyi dan aktor, membuat Rain kembali merilis album keduanya HOW AVOID THE SUN, dengan single jagoan Ways to Avoid the Sun.

Ngaku Fans Berat Rain?
Ikuti Kuisnya di Sini


Pada 2004, berkat perannya di serial televisi FULL HOUSE, Rain menjadi salah satu aktor Korea yang dikagumi, tidak hanya di Korea tapi juga di Asia, termasuk Indonesia. Berkat perannya ini, Rain mendapat penghargaan sebagai Aktor Terbaik dalam ajang KBS Acting Awards.

Album ketiga Rain, IT'S RAINING yang dirilis pada 2004 ini berhasil terjual lebih dari 1 juta kopi di Asia, dan ini membuat album dengan hit single It's Raining dan I Do menjadi album paling sukses baik di pasar Korea maupun di Asia. Pada 2005, Rain diundang ke MTV Latin Music Video di Meksiko dan MTV Music Video Awards di Miami. Ia menjadi satu-satunya artis Asia pertama yang diundang datang ke ajang ini. Masih di tahun yang sama, di ajang MTV Asia Awards, ia mendapat penghargaan sebagai Artis Favorit, dan ia meraih predikat Best Buzz Asia Award dalam MTV Video Music Awards Japan.

Album ketiganya yang menuai sukses, diikuti oleh kesuksesan konser perdana Rain yang bertajuk Rainy Day. Konser ini sendiri dihelat di Korea dan Jepang. Tak hanya sampai di situ, dalam website majalah Time terbitan April 2006, Rain menjadi salah satu nama yang ada di daftar 100 Orang Berpengaruh di Dunia. Dan pada majalah People terbitan 2007, ia masuk dalam daftar Most Beautiful People.

Kesuksesan Rain kembali berlanjut. Ia merilis album keempatnya. RAIN'S WORLD pada 2006 dengan hit single I'm Coming, In My Bed, dan Inside of You.

Rain yang disebut-sebut sebagai Justin Timberlake-nya Asia, tak hanya terkenal di Asia, ia mulai terkenal di AS dan Canada. Dimulai dengan tur konsernya pada 2007 yang mulai mengunjungi Amerika dan Canada. Yakni pada Februari 2006, ia menggelar konser di Madison Square, AS. Konser yang tiketnya sold out dalam beberapa hari ini juga menghadirkan bintan hip hop, Puff Daddy.

Debut akting Rain di layar lebar dimulai lewat I'M A CYBORG, BUT THAT'S OK pada 2006. Selang dua tahun, pada 2008 ia kembali tampil di film SPEED RACER sebagai Taejo Togokahn, yang merupakan debut Rain di Hollywood. Film terbaru Rain adalah NINJA ASSASSIN yang dirilis pada Oktober 2009.

Sukses menjadi, penyanyi dan aktor, tak membuatnya puas. Ia mendirikan perusahaan dengan nama J. Tune Creative pada 2008. Perusahaan yang dimilikinya ini bergerak di bidang fashion line, dengan brand Six to Five. Di sini, tak hanya sebagai pemilik, ia juga kerap mendesain sendiri clothing line-nya ini.

November 2007, Rain meninggalkan label JYP Entertainment, yang selama ini menaunginya. Ia mendirikan J. Tune Entertainment, yang juga dikenal dengan Rainy Entertainment. Rain yang bertindak sebagai CEO telah menelurkan proyek pertamanya di labelnya, yakni mengorbitkan boysband, MBLAQ pada awal Oktober 2009.

Oktober 2008, Rain mengeluarkan album kelimanya, RAINISM. Di album ini, ada dua single andalan, Rainism dan Lovestory.

Pada 3 Desember 2009, Rain mengunjungi Indonesia, untuk menyelenggarakan konser di JITEC Mangga Dua, Jakarta. Konser yang diselenggarakan oleh promotor W Production ini adalah konser pertamanya di Indonesia dan jadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang dikunjungi dalam rangkaian Asia Tour pada 2009.

Sinematografi
Film
2006 I'M A CYBORG, BUT THAT'S OK
2008 SPEED RACER
2009 NINJA ASSASSIN

Serial Televisi
2002 ORANGE
2003 SANG DOO! LET'S GO TO SCHOOL
2004 FULL HOUSE
2005 BANJUN DRAMA
2005 A LOVE TO KILL
2010 THE FUGITIVE: PLAN B
sumber kapanlagi.com

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More